[Website Utama ITS]           
  » Login
Username :
Password :
  » Dosen Per Fakultas
» FMIPA
» FTI
» FTSP
» FTK
» FTIf
» Pasca Sarjana
» PENS
» PPNS
  » Publikasi Ilmiah Per Fakultas
» FMIPA
» FTI
» FTSP
» FTK
» FTIf
» Pasca Sarjana
» PENS
» PPNS
  » Pencarian
  
  
 
 
  Rancangan dan analisis penjadwalan distribusi pada rantai pasok bahan bakar minyak menggunakan Petri Net dan Aljabar Max-Plus  
Diupload oleh : Subiono, Drs., MS., Dr.
Pengarang : Widdya P. Sierliawati, Subiono
Tahun : 2014
Dipublikasikan di : Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana XIV ITS ISBN 978-602-96565-7-2
Jenis Jurnal : Seminar Nasional
Eksternal Link : http://
Bidang Penelitian : Min-Max-Plus Aljabar
Abstrak : Perkembangan dunia manufaktur bergantung pada adanya manajemen rantai pasok yang baik. Manajemen rantai pasok meliputi metode dan alat dalam proses pengadaan, produksi, distribusi dan perawatan produk serta layanan kepada pelanggan Salah satu bagian penting dari rantai pasok adalah proses pendistribusian produk. Hal tersebut dipengaruhi oleh kecepatan dan ketepatan lalu lintas produk dari supplier sampai diterima oleh customer. Pada penelitian ini diteliti bagaimana menerapkan pendekatan Petri Net dan Aljabar Max- Plus pada pemodelan distribusi pasokan bahan bakar minyak dari satu supplier menuju dua customer dengan mempertimbangkan lama waktu loading-unloading produk, volume permintaan, lama waktu pengiriman, waktu permintaan produk dan jumlah kendaraan angkut. Selanjutnya dibuat suatu model dan algoritma penentuan waktu optimal keberangkatan kendaraan angkut yang dapat diterapkan untuk satu supplier menuju banyak customer. Dari hasil simulasi model diperoleh bahwa pengiriman menuju dua customer dengan 26 waktu permintaan yang telah ditentukan sebelumnya, dapat dioptimalkan dan sampai tepat waktu dengan menggunakan empat kendaraan dari yang semula dijadwalkan menggunakan lima kendaraan. Sedangkan simulasi menggunakan tiga kendaraan untuk 26 waktu permintaan tersebut menunjukkan bahwa permintaan ke-5 datang lebih cepat dari waktu permintaan yang telah ditentukan. Waktu keberangkatan yang diperoleh merupakan waktu optimal dengan memperhitungkan setiap permintaan dapat dipenuhi tepat waktu.
File : [ PDF ]
Copyright © 2010 - Institut Teknologi Sepuluh Nopember        Desain dan Perawatan: Tim Webmaster ITS (webadmin[at]its.ac.id)