[Website Utama ITS]           
  » Login
Username :
Password :
  » Dosen Per Fakultas
» FMIPA
» FTI
» FTSP
» FTK
» FTIf
» Pasca Sarjana
» PENS
» PPNS
  » Publikasi Ilmiah Per Fakultas
» FMIPA
» FTI
» FTSP
» FTK
» FTIf
» Pasca Sarjana
» PENS
» PPNS
  » Pencarian
  
  
 
 
  Pemodelan Jadwal Keberangkatan Pesawat Transit Di Bandara Dengan Menggunakan Aljabar MaxPlus  
Diupload oleh : Subiono, Drs., MS., Dr.
Pengarang : Dyah Arum Anggraeni, Subchan, Subiono
Tahun : 2013
Dipublikasikan di : Prosiding Seminar Nasional : KURIKULUM 2013, APLIKASI DAN PERANNYA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MATEMATIKA. ISBN No. 978 17146 4 5
Jenis Jurnal : Seminar Nasional
Eksternal Link : http://
Bidang Penelitian : Min-Max-Plus Aljabar
Abstrak : Transportasi udara kini mengalami perkembangan sangat pesat. Penjadwalan penerbangan pun menjadi salah satu hal penting yang harus diperhitungkan dengan baik. Penelitian ini membahas mengenai jadwal keberangkatan pesawat yang transit sehingga ada sinkronisasi jadwal antar rute keberangkatan selanjunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Aljabar Maxplus. Model sistem yang dipakai adalah pertidaksamaan linier A  x ≤ b dengan A adalah elemen berupa durasi penerbangan dan durasi transit/transfer penumpang, b adalah waktu penutupan gate, dan x adalah jadwal keberangkatan pesawat dari bandara asal. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini berupa jadwal keberangkatan pesawat dari bandara asal dimana jadwal ini lebih baik dari jadwal yang ada karena dapat memenuhi rute-rute penerbangan selanjutnya dengan waktu tunggu penumpang yang lebih singkat.
File : [ PDF ]
Copyright © 2010 - Institut Teknologi Sepuluh Nopember        Desain dan Perawatan: Tim Webmaster ITS (webadmin[at]its.ac.id)