[Website Utama ITS]           
  » Login
Username :
Password :
  » Dosen Per Fakultas
» FMIPA
» FTI
» FTSP
» FTK
» FTIf
» Pasca Sarjana
» PENS
» PPNS
  » Publikasi Ilmiah Per Fakultas
» FMIPA
» FTI
» FTSP
» FTK
» FTIf
» Pasca Sarjana
» PENS
» PPNS
  » Pencarian
  
  
 
 
  Analisa Kinerja Sistem Transmisi Kendaraan Pedesaan Multiguna 650cc  
Diupload oleh : Yohanes
Pengarang : Yohanes
Tahun : 2012
Dipublikasikan di :
Jenis Jurnal : Seminar Nasional
Eksternal Link : http://
Bidang Penelitian : Drive Train System
Abstrak : Sistem transmisi memiliki fungsi sangat penting pada kendaraan untuk mengatur daya keluaran engine agar sesuai dengan kebutuhan gaya dorong roda penggerak pada setiap kecepatan dan kondisi lintasan. Penelitian ini menganalisa kinerja sistem transmisi pada kendaraan pedesaan multiguna dengan kapasitas engine 650 cc. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk memeriksa kesesuaian kinerja sistem transmisi dengan spesifikasi dan persyaratan teknis yang ditentukan. Dinamika kendaraan pada lintasan datar dan menanjak dimodelkan secara matematik untuk menentukan kebutuhan gaya dorong pada roda penggerak. Kemudian, kebutuhan daya dorong pada tiap variasi kecepatan dihitung pada kondisi jelajah (cruise) dan menanjak (crawling). Kebutuhan daya tersebut akan dibandingkan dengan ketersediaan daya engine penggerak. Daya dorong dari engine yang dihasilkan oleh tiap tingkat transmisi dihitung pada tiap tingkat transmisi untuk menentukan kinerja traksi dan kemampuan tanjak. Konsumsi bahan bakar dihitung pada kondisi jelajah pada tingkat transmisi tertinggi untuk kecepatan operasional 40, 60, dan 80 km/jam. Dari hasil kajian diketahui bahwa sistem transmisi memiliki kinerja keseluruhan yang baik. Konsumsi bahan bakar 0.92 ltr/25 km lebih irit dari spesifikasi yang ditentukan. Kemampuan tanjakan maksimum hingga 32% pada tingkat transmisi pertama untuk kendaraan bermuatan penuh. Rasio intermediate gear progresif dan cukup lebar tanpa mengakibatkan stall serta memberikan kinerja traksi yang baik pada kecepatan rendah. Namun, capaian kecepatan maksimum hanya 88 km/jam dan kecepatan crawling 15 km/jam, lebih rendah dari spesifikasi meskipun tidak signifikan. Pemindahan tingkat transmisi lebih sering dilakukan pada kecepatan rendah dan operasional berkendara yang ekonomis juga hanya dicapai pada kecepatan rendah. Katakunci: sistem transmisi, kinerja traksi, konsumsi bahan bakar, kemampuan tanjak.
File : Tidak Ada
Copyright © 2010 - Institut Teknologi Sepuluh Nopember        Desain dan Perawatan: Tim Webmaster ITS (webadmin[at]its.ac.id)